Pages

Minggu, 06 Oktober 2013

Tips Super Bikin Blog Jadi Terkenal part2

Masih minat jadi blogger yang terkenal? Enggak? Cuma pengen jadi blogger untuk menumpahkan isi hati dan pikiran juga nggak salah kok. Tapi tips ini juga bisa dipake buat semua blogger, tak melulu blogger berbayar, blogger terkenal, atau blogger yang ngeblog aja.



Baiklah! Yuk kita lanjutin Tips Biar Blog Kamu Terkenal yang udah dibahas Part 1-nya di sini. Setelah bikin posting yang bagus, apa lagi yang kudu dilakuin biar blog bisa terkenal gituuu?


BIKIN PEMBACA NYAMAN

Sudah dibocorin kan kalo informasi yang berguna nggak boleh bikin pembaca bingung. Ada lagi, bisa nggak informasimu terus dibaca oleh pembaca? Bisa nggak postinganmu terus dibaca, nggak ditutup begitu saja karena sama basinya seperti broadcast hoax tahun 2008 yang disebarin lagi di tahun 2007? Ada yang lebih penting.

Nyamankan pembaca!

Manusia itu makhluk visual, dan membaca adalah kegiatan visual. Maka lakukan 6 Tips Agar Pembaca Nyaman Membaca Blog ini!
  1. Gunakan template yang ramah mata.
    Dari segi warna aja, pasti paham kan kalo background hitam dengan garis merah dan tulisan warna coklat tua sama sekali nggak bisa dibaca! Template simpel kayak putih dengan aksen hijau aja udah cukup kok. Oh ya, sesuaikan dengan pribadi kamu ya. Jangan sampai blog cowok macho pake template pink gambar barbie...
    ....
  2. Pilih font yang mudah dibaca.
    Tolong ye, ini bukan jaman WordArt, ketika tulisan pelangi dengan font Jokerman begitu cetar membahana. Pake Calibri atau Arial sebenernya cukup, tapi kalo bosen karena terlalu monoton, coba font lain yang tanpa ekor-ekor atau jabrik-jabrik gak jelas.
    apaan?
  3. Jangan pasang widget mengganggu. 
    Waini. Banyak banget blogger yang saking canggihnya memasang banyak widget di blognya demi canggih dan kustomisasi sesuai selera blablabla. Ada beberapa widget yang lumayan bikin saya (dan banyak orang lainnya) ilfil.
    Widget Iklan Popup. Tiap beberapa detik, kita dipaksa melihat iklan yang seringkali nggak dibutuhkan. Duh, informasinya ketutup tau. Belum lagi ada misi penting dari widget popup. Bukan, bukan yang membebaskan tawanan atau ikut main game online, tapi NYARI TOMBOL CLOSENYA!
    Kotak dialog Javascript. Baru buka blognya udah muncul kotak dialog "HAI!!" Diklik OK, muncul lagi "Masukkan Nama Kamu". Diklik OK muncul "Terimakasih (nama kamu),  Selamat datang di blog saya!".
    Berakhir? Ternyata tidak! Satu kotak dialog lagi muncul... "Jangan lupa komen ya!!"
    Blog kayak gini sih enaknya dikasih Ctrl+W dan nggak dikunjungi lagi.
    Widget MP3. Kecuali blog kamu memang isinya radio, jangan pasang widget mp3 yang munculin nada-nada gonjreng. Nggak semua orang suka dengan lagu yang kamu suka. Apalagi koneksi di Indonesia masih cukup untuk bikin widget kamu delay, dan akhirnya cuma bikin kaget pembaca blog saat mulai berbunyi.  Kalau memang ingin menikmati musik, ada Windows Media Player, Winamp, atau media player lain kan?
  4. Jangan Pakai Kursor Ekor Pelangi Bertabur Bintang.  Kursor unik emang lucu, tapi plis jangan bikin kursor yang berekor. Sepet liatnya...
    ...kursorku mana?
  5. Banner Kelap-Kelip. Ini bukan jaman friendster dan emo style. Itu siksaan mata. Sekian.
  6. Jangan masang tulisan dengan huruf besar kecil kayak plat nomer becak! cMeOnd~! NiCh uDh4 bKanD zMandH 4L4Y! Ini sudah melanggar pasal bikin konten bagus di part pertama dan pasal bikin pembaca nyaman di part ini.
    mantra rahasialay?

    Oke saya pernah alay dan kini mengaku bertobat. Kalo nggak percaya saya pernah alay, silakan buka postingan tahun 2010 saya di Arsip. Eh, jangan deh.

PERBANYAK TEMAN BLOGGER

Tugas berikutnya untuk jadi terkenal tentu saja MEMPERKENALKAN DIRI. Iya lah, gimana mau terkenal kalo kamu tidak berusaha dikenali. Ini tips simpel yang bisa kamu praktekkan, dan memang hampir semua blogger pasti melakukan.
  1. Blogwalking
    Yak, jalan-jalan ke blog orang. Sekalian cari inspirasi dong. Tinggalkan komentar yang bermanfaat di setiap kunjungan blogwalking-mu. Udah kebiasaan para blogger buat berkunjung balik ke blog si komentator.
    Kalopun nggak dikunjungi balik oleh tetangga, jangan khawatir. Seenggaknya ada yang tahu bahwa kamu pernah ada ._.
  2. Promosi
    Anggaplah blog adalah barang, maka untuk terkenal harus ada promosi. Promosi kayak gimana nih? Banyak kok, mulai bagi-bagi link, bikin acara giveaway yang menarik, atau nyampahin jualan orang. Eh jangan nyampah ding.
    Pasti punya twitter atau facebook kan? Manfaatkan dengan sharing link kamu di akun-akun itu dong. Seenggaknya, teman-teman sendiri bisa tahu kamu punya blog :) 
  3. Ikutan Forum/Komunitas
    Nggak ada seseorang yang bisa besar sendirian tanpa orang lain. Dia pasti selalu punya keluarga atau teman-teman yang sebidang dengannya. Dimana itu? Di komunitas dong. Di sini, kamu bisa kenalan dengan blogger lainnya, bisa dengan mudah belajar dan sharing juga.
    Sekarang ini sih saya ikut komunitas blogger malang raya,
    Percayalah, ikut komunitas itu seru! Kalo penasaran, boleh lihat web mereka atau intip dulu bannernya di footer bawah ;)
Kalo masih nggak terkenal, coba bertobat dan rajin ibadah. Mhuahahahah! Dan ikhlaskan bro. Ingat bahwa tujuan awal kita adalah menjadi blogger yang baik, tak harus menjadi seleblog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar